Student Leadership

Student Leadership

Minggu, 30 Mei 2010




Rabu (18/03/09) kemarin SMA Sejahtera Prigen (SMASTRA) Pasuruan, menggelar Pelatihan Internet dan Blog bagi dewan guru. Pelatihan bertempat di Internet & Online Game Center 'The Rock' Taman Dayu Pandaan ini diikuti oleh 18 dewan guru, staf tata usaha maupun karyawan. Tema yang disampaikan Bapak Teguh Hariawan selaku instruktur meliputi pembuatan e-mail, membangun blog, pemasangan widget, link dan sebagainya seputar blog.

Antusias peserta mengikuti pelatihan sangat terasa waktu memasuki ruangan sekitar pukul 11.00 WIB. Sebelum pelatihan dimulai, peserta sudah mencoba browsing, searching atau sekedar login mengaktikan komputer. Tidak lama berselang instruktur datang dan pelatihan dimulai. Gangguan datang dari koneksi internet yang kelewat lambat. Terutama pada komputer yang diperuntukkan untuk game online. Tapi gangguan ini tidak menyurutkan semangat peserta untuk belajar internet dan blog.
Pelatihan dimulai dari cara registrasi, masuk, membuka, membaca dan saling berkirim pesan e-mail sesama peserta. Setelah dirasa cukup, pelatihan dilanjutkan dengan membuat blog, pendaftaran, verifikasi dan sebagainya. "horee blog saya sudah jadi" sontak bu Masriyah, guru Akuntansi yang ikut pelatihan dengan cerianya. Diamini peserta lain "aku senang bisa membuat (blog, pen)" kata bu Dewi guru Kimia yang juga ikut pelatihan, seperti yang ditulis di blognya. "enak gile" kata Pak Bambang, wakasek bidang kurikulum.
Namun tidak semua peserta menikmati keceriaan membuat blog "gara-gara komputer lemot nie" celetuk bu Narti, guru bahasa Inggris dengan sedihnya tidak berhasil membuat blog. "wah…ternyata belajar ngeblok bikin bingung, tiada buku panduan nich…" kata bu Sulis yang kebingunagn meski berhasil mebuat blog "aduh…gara-gara kurang konsen jadi ketinggalan…" tambahnya. Setelah diselingi dengan peresmian website SMA Sejahtera Prigen ini, pelatihan dilanjutkan dengan cara memasukkan tulisan (posting), mengganti theme, memasukkan tautan (link), dan gambar pada mesin blog Wordpress.

Setelah dirasa cukup, pelatihan yang bertujuan untuk lebih mengenalkan blog pada guru ini ditutup pukul 14.25 WIB, dilanjutkan dengan foto bersama. Diharapkan dengan pelatihan singkat ini, peserta bisa mengenal dan memanfaatkan sebaik mungkin apa itu blog. Sehingga pengetahuan tentang teknologi internet dan seluk-beluknya makin bertambah. Guna membawa SMA Sejahtera ke arah yang lebih baik, amin.

0 komentar:

Posting Komentar